Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Akankah Perang Besar itu terjadi Musim Panas Ini?

Written By mimin on Monday, April 26, 2010 | 8:00 PM


Ancaman Israel menimbulkan kecemasan di Timur Tengah. Akankah perang meletus musim panas ini? Skenario yang paling memungkinkan terjadi adalah Israel akan menyerang Lebanon �dengan serangan yang lebih besar daripada tahun 2006- dan akan menyeret negara-negara lain dalam perang itu, seperti Suriah dan Iran.

Ancaman perang ini membuat Perdana Menteri Lebanon Saad al-Hariri, Senin (26/04), menelepon relasinya dari Spanyol Jose Luis Rodriguez Zapatero.

"Pembicaraan telepon tersebut dilakukan dalam kerangka kerja kontak yang dilakukan Saad dengan para pemimpin Eropa, guna menghadapi peningkatan ancaman Israel terhadap Lebanon dan Suriah," kata kantor Perdana Menteri itu dalam satu pernyataan di Beirut, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Raja Yordaninia Abdullah telah mengingatkan bahaya perang ini. Sedangkan salah satu pemimpin Lebanon menengarai Israel tengah menunggu saat yang tepat untuk menyerang Arab.

Presiden Israel Shimon Peres menuduh Suriah menyuplai rudal Scudd kepada Hizbullah. Meskipun tuduhan ini tidak pernah bisa dibuktikan, "mendukung teroris" ini adalah alasan kuat Israel untuk menyerang Suriah. Sedangkan seorang Menteri Israel yang tidak mau disebut namanya dalam Britain's Sunday Times siap menyerang Suriah jika Hizbullah berani meluncurkan rudal ke Israel. "Kami akan mengembalikan Suriah ke zaman batu dengan melumpuhkan stasiun, pelabuhan, cadangan bahan bakar, dan seluruh infrastruktur strategis." Ancamnya.

Dalam kesempatan lain, Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu melontarkan ancaman senada dengan presidennya, kepada Iran. Ia berulangkali mengatakan bahwa Iran adalah ancaman mematikan. Dan jika Amerika Serikat tidak bisa menghentikan program nuklir Iran, Israel yang akan melakukannya sendiri.

Apa motif di balik gencarnya propaganda dan ancaman israel? Tampaknya, ada setidaknya tiga motif utama. Pertama, dengan mengancam negara tetangga dengan perang, pemerintah Israel ingin mengalihkan dunia dari hubungan Palestina � Israel. Motif kedua adalah untuk melakukan sabotase atas pulihnya hubungan AS-Suriah. Ketiga, Israel berniat mengganggu poros Teheran-Damaskus-Hizbullah yang dianggap sebagai tantangan terhadap hegemoninya di kawasan ini.[AN]

0 comments:

Post a Comment