Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Hari Ini Dua Aksi untuk Palestina di Dua Negara Eropa

Written By mimin on Sunday, June 27, 2010 | 11:00 PM


Setidaknya, hari ini terdapat dua aksi besar untuk Palestina yang diliput media internasional. Yang pertama berlangsung di Paris, Perancis. Dan yang kedua di London, Inggris.

Aksi Perancis Tentang Penghentian Siaran Al-Aqsa
Puluhan orang, baik muslim maupun non muslim menggelar demo di Paris. Dengan membawa bendera Palestina ukuran super besar, mereka juga melakukan long march dari Piazza Denver Roshroo di Selatan Paris dan melewati jalan-jalan besar di sana.

Mereka juga membawa gambar korban perang Israel di Gaza pada Desember 2008 dan Januari 2009. Terdengar kecaman berkali-kali terhadap Israel yang mereka nilai sebagai teroris.

Aksi ini digelar dalam rangka menentang keputusan pemerintah menghentikan siaran TV Al-Aqsa yang selama ini bisa mereka lihat. Memutus stasiun TV itu, menurut mereka, berarti memutus informasi dan menghambat perjuangan Palestina. Sementara perjuangan Palestina sekarang adalah seperti perjuangan Perancis pada tahun empat puluhan untuk membebaskan diri dari penjajahan.

"Menghentikan TV Al-Aqsa", kata pemimpin aksi Yasin Abdul Hakim, "adalah sebuah usaha yang jelas untuk membungkam suara rakyat berjuang untuk pemulihan tanah-tanah mereka selama lebih dari 60 tahun."

London Gelar Festival Palestina
Sementara pada hari yang sama, Ahad Malam waktu London, digelar festival Palestina yang berisi pertunjukan budaya untuk menggelorakan semangat kemanusiaan dan kepedulian masyarakat Inggris terhadap penderitaan rakyat Palestina di bawah pendudukan Israel.


Dalam acara ini ada suguhan film Palestina, lagu-lagu Palestina, bazar amal dan penjualan produk antik yang hasilnya akan disumbangkan kepada Palestina. Dalam acara ini juga ada pidato Perdana Menteri Palestina Ismail Haniya yang disiarkan melalui video, selain pidato profesor hukum di University of Jordan Dr Ahmed Nofal.

Jika Perancis dan Inggris saja ada aksi kepedulian untuk Palestina, bagaimana dengan kita di Indonesia yang memiliki aqidah yang sama? [AN]

0 comments:

Post a Comment