Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

AS-Zionis Di Balik Pembunuhan Ilmuwan Nuklir Iran?

Written By mimin on Tuesday, July 26, 2011 | 1:00 AM


Siapa di balik pembunuhan ilmuwan nuklir Iran Darioush Rezaie masih belum terungkap jelas. Ilmuwan nuklir itu ditembak mati oleh seorang pengendara motor di Teheran, Ahad (24/7). Ketua Majelis (Parlemen) Iran Ali Larijani menyebut pembunuhan itu sebagai aksi teroris AS-Zionis.

Departemen Luar Negeri AS langsung membantah tuduhan itu, Senin (25/7). AS juga mendesak Iran agar tidak memanfaatkan peristiwa itu untuk menuduh Barat

"Kami tidak terlibat," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Victoria Nuland kepada wartawan di Washington.

"Kami harap Teheran tak berencana untuk memanfaatkan kejadian ini untuk menarik perhatian dari apa yang perlu dilakukan, yaitu kembali memenuhi kewajiban internasional," tambah Nuland.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Republik Islam Iran, Ramin Mehmanparast dalam konferensi pers pekanannya hari ini (26/7) di Tehran mendukung pendapat Larijani, dengan menyebut Zionis sebagai dalangnya.

"Dukungan terhadap kelompok teroris adalah langkah yang diprakarsai oleh Zionis dengan tujuan menghambat laju perkembangan ilmiah dan industri bangsa Iran," tegasnya.

Sebelumnya, telah terjadi serangkaian upaya pembunuhan terhadap ilmuwan nuklir Iran. Yang belakangan dinyatakan didalangi Israel dengan ditangkapnya jaringan intelijen negara zionis tersebut.

Pada Januari 2010, ilmuwan nuklir Iran dan profesor Fisika di University of Tehran Massoud Ali-Mohammadi, dibunuh dengan menggunakan bom berpengendali jauh yang diikatkan pada sepeda motor yang diparkir di dekat rumahnya.

Pada November 2010, seorang lagi ilmuwan nuklir Iran Majid Shahriar juga dibunuh dengan menggunakan bom yang dipasang di mobilnya dalam perjalanannya ke tempat kerja.

Pada Januari 2011, Iran menyatakan berhasil melucuti jaringan mata-mata Israel dan menangkap sekelompok orang yang memiliki kaitan dengan pembunuhan ilmuwan nuklir Massoud Ali-Mohammadi.[AN/Ant/Ir]

0 comments:

Post a Comment