Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

Tak Sakit Hati Dicurigai, Muslim Norwegia Turut Berkabung Nasional

Written By mimin on Wednesday, July 27, 2011 | 12:00 AM


Meskipun sempat dicurigai begitu tersiar peledakan bom di Oslo dan pembantaian di Pulau Utoya, bahkan ada yang ditangkap, muslim Norwegia ternyata tidak sakit hati. Warga muslim itu ikut berbaur menjadi satu dalam acara perkabungan nasional.

Salah satu muslimah yang ikut acara perkabungan itu adalah Iman al-Kofi. Dengan tetap mengenakan cadarnya, Kofi turut berkabung bersama lautan manusia lainnya. Kofi adalah salah satu orang yang juga langsung dicurigai paska pembantaian yang mengakibatkan 93 orang tewas itu. Padahal, teman Kofi sampai kini masih menjalani perawatan intensif dengan tiga lubang bekas peluru di tubuhnya akibat serangan teroris Anders Behring Breivik.

Sama seperti Kofi, imigran Muslim lainnya mengatakan mereka telah diperlakukan sama saat bom mengguncang Oslo. Namun begitu diketahui pelakunya adalah seorang Kristen fanatik ultra kanan, perlakuan berubah 180 derajat.

"Jika itu adalah Muslim, mereka akan menyalahkan semua orang asing dan membenci kita semua," kata salah seorang imigran asal Asia, menambahkan bahwa ia datang ke jantung kota Oslo untuk berduka dengan puluhan ribu orang lainnya.

Selain bergabung dalam acara perkabungan nasional, muslim Norwegia juga menggelar acara berkabung pada kesempatan berbeda seperti dilakukan masjid-masjid di Oslo untuk mendoakan korban teror itu. Melihat peran masjid-masjid itu Menteri Luar Negeri Jonas Gahr Store memuji mereka. Store bahkan menghadiri acara doa di sebuah masjid bagi korban terorisme Breivik. [AN/Rpb]

0 comments:

Post a Comment