Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

TV Inggris Siarkan Adzan Subuh, Sayap Kanan Serukan Boikot

Written By mimin on Tuesday, July 2, 2013 | 8:00 PM

Channel 4, sebuah stasiun televisi di Inggris, akan menyiarkan kumandang adzan Subuh mulai 9 Juli mendatang, lapor Dailymail, Selasa (2/7). Program adzan Subuh yang telah dikonsultasikan kepada para ulama Inggris itu akan dikumandangkan oleh Hassen Rasool, musisi Muslim yang terkenal akan keindahan suaranya dalam melantunkan ayat Al-Quran.

Kepala pemrograman stasiun Channel 4, Ralph Lee mengatakan program adzan Subuh ditayangkan untuk memudahkan 2,8 juta Muslim Inggris beribadah di bulan Ramadan. Program tersebut akan berlangsung selama bulan Ramadhan, sejak hari pertama.

Lee menambahkan, selain untuk panggilan shalat, panggilan azan diharapkan bisa mengubah prasangka atas Islam, apalagi setelah pembunuhan tentara di Woolwich oleh seorang radikal beberapa waktu lalu.

“Panggilan untuk shalat ini untuk menyerukan Muslim melakukan ibadah di saat-saat hening, diharapkan juga, hal ini membuat para penonton lainnya duduk mendengarkan dan menyadari adanya saat-saat seperti ini (shalat Subuh),” kata Lee seperti dikutip Fimadani.

Langkah ini menuai kritik dari kelompok-kelompok sayap kanan di Inggris, salah satunya adalah British First, yang mengklaim sebagai gerakan politik patriot Inggris. Dalam akun Twitternya mereka menyerukan boikot dan mengatakan, “Bersiaplah untuk program TV yang mendukung Islam selama selama sebulan di Channel 4.”

Namun Lee bergeming. Dia mengatakan, azan ini adalah bentuk dukungan Channel 4 pada kelompok agama minoritas di Inggris.

“Tidak heran Channel 4 akan dikritik karena berfokus pada agama minoritas, tapi itulah yang kami lakukan, yaitu memberikan ruang alternatif dan suara bagi mereka yang kurang terwakili,” kata Lee. [IK/Fmd]

0 comments:

Post a Comment